-->

Permainan Pramuka Siaga Bagian I

Pramuka Siaga tentu tak lepas dari permainan unik, permainan di dalam pramuka harus memiliki nilai pendidikan atau unsur manfaat, begitu pula dengan beberapa permainan pramuka siaga yang akan admin bagikan kepada sahabat tunas kelapa semuanya, terutama bagi pembina pramuka yang mendidik peserta didik dengan cara yang lebih kreatif karena masih menjadi tanggung jawab pembina pramuka yang baik

Permainan Pramuka Siaga ini dapat dikembangkan lagi oleh pembina pramuka agar lebih kreatif. Beberapa diantaranya adalah permainan yang memang cocok dilakukan di luar pramuka, terutama untuk untuk usia Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar.

Kumpulan Permainan Pramuka Siaga Kreatif dan Mendidik

Gambar Pramuka Siaga

Permainan I :  Bintang Berpindah

Posisi Awal :
Lingkaran Besar
 Aturan Bermain
Pramuka Siaga bergandengan dua-dua, muka belakang rapat, jarak pasangan yang satu dengan yang lain 3 meter. seorang dari regu A dan regu B menjadi bintang yang pindah. Ke dua anak ini siap di tengah lingkaran. Satu dengan yang lain jaraknya 3 m. Dengan aba-aba dari Pembina, B berlari menempel salah satu pasangan di depannya. A mengejar dan menepuk B, sebelum menempel pada salah satu pasangan. Bila Bmenempel pada salah satu pasangan sebelum kena, maka anak yang di belakang yang di temple b harus lari dan pindah menempel di depan pasangan lain.
Demikian seterusnya. Bila yang lari kena tepuk, maka mereka mejadi pasangan bintang baru. Pembina menunjuk lagi 2 orang, 1 dari regu C dan satu lagi dari regu D, untuk menjadi bintang yang akan kejar-kejaran. Permainan diteruskan bila anak yang di kejar terlalu jauh meninggalkan lingkaran, di anggap telah kena tepuk.
 Cara Penilaian :
Pramuka Siaga yang dapat menepuk mendapat angka 1, yang di tepuk nilainya kurang 1. Regu yang mendapat nilai terbanyak menang. 
 Permainan II : Musang dan Ayam

Posisi Awal 
Lingkaran besar dan pramuka siaga bergandengan
Aturan Bermain
2 (dua) orang dari regu A ditunjuk sebagai musang bersiap diluar lingkaran. Semua anak dari regu B sebagai ayam bersiap di dalam lingkaran. Anak yang lain membentuk lingkaran , bergandengan tangan, berjalan dan bernyanyi. Musang berusaha menangkap ayam dan ayam berusaha menghidar dengan lari keluar masuk lingkaran. Bila ayam melewati lingkaran di biarkan, tapi kalau musang yang akan masuk di haling-halangi. Ayam yang tertangkap , berhenti bermain dan berdiri di luar lingkaran. Musang mendapat angka kira-kira bermain 5 menit musang dan ayam diganti regu yang lain. Sampai semua regu mendapat giliran menjadi musang.
Cara Penilaian 
setelah permainan selesai , regu terbanyak nilainya menang. 
Demikianlah review artikel tentang permainan pramuka siaga, untuk permainan pramuka siaga part II, permainan pramuka penggalang, penegak dan pandega lainya akan kita update secara berkala. Tetap kunjungi situs kesayangan kita pramukaindonesia.com Salam Pramuka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Permainan Pramuka Siaga Bagian I"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel