-->

Tips Memilih Tenda untuk Camping (Berkemah)

Pramuka tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan perkemahan, bahkan perkemahan adalah salah satu kegiatan inti dari pramuka sebagai kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan. Tentu saja jenis dari perkemahan di dalam pramuka juga cukup unik sehingga pramuka yang baik harusnya juga mengetahui banyak hal tentang bagaimana memilih tenda yang tepat untuk kegiatan perkemahan (Camping)
 
Saat ini sebenarnya cukup banyak sekali jenis dan modem tenda yang cocok untuk pramuka, mulai dari desain yang menarik hingga harga yang terjangkau tergantung dari bahan pembuat tenda tersebut, namun dalam memutuskan memilih jenis tenda yang baik tentunya bukan sekedar memperhatikan model tenda belaka, apalagi soal harga. jadi sahabat pramukaindonesia.com sangat dianjurkan mengerti kebutuhan tenda camping ini sebelum memutuskan membeli tenda yang tepat. Apa saja tipsnya? Lanjutkan membaca

Tips Memilih Tenda Untuk Perkemahan

Tinggi Tenda Hal pertama yang perlu dipehatikan yaitu tinggi tenda, untuk tenda yang dipakai pada kegiatan pendakian lebih disarankan menggunakan tenda yang konstruksinya rendah, mengapa? untuk menghindari tiupan angin yang cenderung lebih kencang di daerah pegunungan, jadi sobat yang memutuskan akan melakukan pendakian gunung dan ingin memilih tenda yang tepat disarankan membawa tenda dengan ketinggian 1 Meter atau 40 Inch. 

Tenda Berkonstruksi Rendah, Cocok Untuk Kegiatan Camping di Pegununungan
Seperti yang bisa kita lihat, orang luar negeri juga cenderung memilih tenda 1 meter bahkan lebih rendah, semakin tinggi tenda akan membuat daya tangkap angin menjadi lebih besar. Tenda Rekonstruksi Rendah, Cocok Untuk Daerah Berangin. Biasa Dipakai Untuk Pendakian

Bahan Tenda
Penting sekali melakukan pemilihan bahan tenda sebelum kegiatan camping dilaksanakan. Untuk Camping pada kegiatan pendakian Disarankan memilih bahan tenda yang terbuat dari nylon dan jangan memilih tenda yang terbuat dari kain katun. Mengapa? Karena didarah gunung yang tinggi, kondisi lembab bisa menjadi sangat lembab dan sangat dingin untuk bahan seperti ini, namun untuk kegiatan camping di daerah panas atau kegiatan pramuka di bumi perkemahan yang cenderung tidak lembat, tenda ini yang terbuat dari katun masih boleh dipertimbangkan.

Bobot dan Dimensi
Tenda yang baik juga perlu diperhatikan dari ukuran tenda tersebut ketika sudah di packing, tenda yang lebih ringan dan ukuran yang kecil saat dilipat akan sangat mempermudah anda yang menggunakan carrier. Lain halnya untuk sahabat yang menggunakan tenda untuk keperluan regu/sangga di pramuka, tenda dengan kapasitas besar tentu menjadi pilihan bijak sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian, jika memang ada tenda yang lebih ringan mengapa tidak?

Bentuk Tenda
Ingin mencari tenda yang kokoh ketika berdiri, jika daerah tujuan camping sahabat adalah daerah berangin, hindari penggunaan tenda yang pintu keluarnya dari depan dan besar, karena bagian ini paling rentan menjadi serangan angin.

Ruang Penyimpanan
Seperti layaknya sedang berada dirumah, sebagai pertimbangan lain bisa juga memikirkan tenda yang memiliki teras, selain sebagai tempat penyimpanan barang, teras bisa dimanfaatkan menjadi dapur ketika memasak tidak memungkinkan dilakukan diluar tenda.
Kepraktisan
Sebaik baik tenda usahakan lebih memilih tenda yang praktis dalam proses mendirikanya, jangan pilih yang terlalu ruwet yang berdampak pada energi dan waktu yang dibutuhkan.

Faktor Lainya
Perhatikan pula faktor seperti jahitan tenda, kondisi dan perlindungan bagian atap, jika ada tenda yang memiliki 2 lapis perlindungan sangat baik untuk sahabat pramukaindonesia.com yang sedang berkemah dalam kondisi hujan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Tenda untuk Camping (Berkemah) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel